Pentingnya Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi di Masa Kehamilan Muda

Pentingnya Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi di Masa KehamilanTidak hanya di luar kehamilan saja. Dehidrasi juga berpengaruh besar terhadap kesehatan kehamilan anda. Bahkan banyak kasus kematian ibu dan janin yang disebabkan kekurangan cairan akut ini. Oleh sebab itu anda mesti tahu apa saja bahaya dehidrasi selama kehamilan agar tidak sampai mengalaminya. Banyak yang menyepelekan pentingnya asupan air minum. Padahal jika tubuh kekurangan cairan akan berdampak pada sistem kerja organ tubuh yang mengalami gangguan.

Tubuh kita sebagian besar berisi cairan sehingga tanpa suplai cairan maka sistem organ tubuh akan mengalami hambatan. Bagi ibu hamil yang notabene sedang mengandung nyawa lain, tentu sangat memerlukan asupan air putih ekstra. Walaupun terasa mual namun asupan air minum mesti tetap didapatkan. Nah, berikut ini akan diulas lebih lanjut untuk berbagai bahaya dehidrasi selama kehamilan dan cara mencegahnya.

Bahaya Dehidrasi di Masa Kehamilan

ciri ciri dehidrasi pada ibu hamil muda,tidak bisa minum air putih saat hamil,kapan ibu hamil perlu diinfus,cara menghilangkan dehidrasi saat hamil,cara mengatasi haus saat hamil,dirawat saat hamil muda,diare saat hamil muda,minum air gula saat hamil muda,manfaat cairan infus untuk ibu hamil,untuk mengatasi dehidrasi saat melakukan kegiatan perkemahan adalah dengan,muntah cairan putih saat hamil,milagros untuk ibu hamil muda

Volume air ketuban rendah

Air ketuban bermanfaat mendukung perkembangan janin. Bisa dikatakan bahwa cairan berwarna bening kekuningan ini sebagai tempat tinggal janin didalam rahim. Jika volume nya rendah tentu akan menyebabkan terganggunya perkembangan janin dan berpotensi keguguran. Selain itu dampak lainnya adalah risiko kelahiran prematur, hingga terjadinya komplikasi saat melahirkan karena volume ketuban rendah.

Metabolisme tubuh berantakan

Kurang air putih hingga dehidrasi akan menyebabkan metabolisme tubuh berantakan. Padahal metabolisme yang baik akan membuat tubuh memiliki hati dan ginjal yang sehat. Kelelahan, kurang maksimal produksi ASI hingga sembelit bisa anda rasakan jika tubuh mengalami dehidrasi selama kehamilan. Proses pembakaran lemak dan penyebaran nutrisi pun terhambat karena metabolisme yang berantakan.

Kejang

Air berperan sebagai pendukung proses penyampaian singal antar sel. Jika proses tersebut terganggu, maka proses pengiriman sinyal akan terganggu sehingga menyebabkan kontraksi otot tanpa disadari atau kejang. Selain itu efek lainnya pada ibu hamil adalah hilang kesadaran secara tiba-tiba.

Celebral edema

Celebral edema adalah kondisi dimana tubuh yang terkena dehidrasi secara tiba-tiba mendapat asupan cairan. Hal ini berdampak tubuh menarik cairan masuk sebanyak mungkin ke sel tubuh. akibatnya sel akan membengkak dan pecah. Tentu saja kondisi tersebut sangat berbahaya terutama jika pembengkakan terjadi di bagian otak.

Tips Mengatasi Dehidrasi Selama Kehamilan

Cukupi kebutuhan air minum

Biasanya ibu hamil akan merasa enggan minum air putih karena alasan mual. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya dehidrasi. Biasakan minum air putih walaupun anda tidak benar-benar merasa haus. Jika merasa mual, cobalah minum air hangat atau ditambah dengan sari buah alami.

Asupan air tambahan ketika beraktivitas di luar ruangan

Anda juga mesti menambah asupan air minum ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Ibu hamil sangat rentan akan kelelahan sehingga memerlukan lebih banyak supplai air minum. Anda bisa membawa botol minum agar tetap terhidrasi ketika sedang berada di luar. Selain itu hindari pula berbagai penyebab stress karena akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Jadi jangan lupa untuk memperhatikan asupan air putih anda agar kehamilan tetap sehat dan lancar hingga persalinan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *