Cara Melatih Pernafasan Selama Masa Hamil

Latihan Pernafasan Untuk Persiapan Melahirkan – Latihan pernafasan sangat penting untuk melancarkan proses persalinan. Banyak ibu hamil yang akhirnya mesti menjalani operasi karena tidak bisa mengatur pernafasan ketika bersalin. Oleh sebab itu sebelum masa persalinan, biasakan untuk melakukan latihan pernafasan. Cara melakukan latihan pernafasan ini bisa anda coba dengan beberapa teknik. Mulai dari teknik tidur, perlahan, hingga lanjut. Semuanya memiliki peran tersendiri untuk membantu anda ketika nantinya akan mengejan.
Latihan pernafasan ini bisa anda lakukan sebelum tidur atau disela-sela aktivitas anda. Jika anda sudah terbiasa mengatur nafas maka ketika proses persalinan anda akan terbiasa mengikuti instruksi bidan atau dokter kandungan dalam melahirkan. Proses persalinan normal pun bisa anda alami dengan latihan teknik pernafasan sederhana ini. Nah, bagi yang ingin tahu bagaimana latihan pernafasan selama kehamilan, berikut beberapa caranya.
 
Teknik Latihan Pernapasan Selama Kehamilan
1. Latihan Pernafasan Tidur
Teknik pernafasan tidur bermanfaat agar ibu hamil tetap rileks ketika mengalami kontraksi sekaligus berperan menghemat tenaga agar waktu mendorong bayi lahir lebih maksimal. Tahapan latihannya mulai dari memposisikan tubuh berbaring di kasur atau sofa. Kemudian letakan satu bantal untuk menyangga leher dan kepala dan satu bantal lagi untuk lutut dan pinggang. Tutup mata dan tarik nafas dari perut sembari berhitung dalam hati. Hembuskan nafas secara perlahan melalui rongga hidung dan mulut. Ulangi kembali proses tersebut sampai tubuh merasa lebih rileks.
 
2. Latihan Pernafasan Perlahan
Posisikan tubuh terlentang atau miring dengan posisi tangan ibu hamil di perut bagian atas. Tarik nafas dalam hitungan 20 detik secara cepat. Setelah itu hembuskan nafas secara perlahan. Lemaskan badan agar tidak mengalami tegang. Teknik satu ini bermanfaat ketika persalinan agar ibu hamil mampu menyesuaikan panjang gelombang kontraksi. Anda bisa mencoba latihan pernafasan satu ini setiap hari satu menit setelah bangun tidur atau sebelum tidur malam.
3. Latihan Pernafasan Lanjut
Fungsi latihan pernafasan ini agar ibu hamil lebih rileks dan mempermudah proses persalinan. Pertama-tama tutup mata secara perlahan-lahan kemudian tarik nafas dalam-dalam. Hembuskan nafas dengan cepat dan tenang dan rasakan sensasi rileks pada tubuh anda. Anda juga bisa melakukannya sebagai bagian dari senam hamil. Persalinan pun diharapkan lebih lancar dan normal.
4. Tips Mengatasi Nafas Pendek
Segera tarik nafas dalam-dalam dan tahan sebentar kemudian hembuskan perlahan. Fokuskan perhatian anda pada hembusan nafas keluar kemudian rasakan sensasi rileks pada tubuh anda. Anda juga bisa latihan pernafasan sembari berenang atau berjalan santai serta terbiasa untuk tidak tergesa-gesa. Hindari membawa barang dengan beban berat dan tidurlah dengan posisi miring.
Itu dia berbagai cara melakukan latihan pernafasan yang bisa anda coba selama kehamilan. Diharapkan dengan latihan tersebut proses persalinan menjadi lebih lancar. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *